Sabtu, 26 Maret 2011

Pengertian CSS dan Cara Penerapan CSS pada HTML

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet, digunakan untuk mengatur style atau tampilan dari dokumen HTML. Menurut wikipedia, CSS adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu website, baik tata letak, jenis huruf, warna, dan semua yang berhubungan dengan tampilan atau gaya suatu web.

Mengapa harus memakai CSS?
Penggunaan CSS merupakan standar untuk web-web modern (Web 2.0). Sebagian pembaca mungkin sudah tau bahwa implementasi CSS, Table Less dan Semantik tapi tidak Divitis (maniak div) merupakan standarisasi web yang baik. Saya sendiri sebetulnya tidak peduli apakah CSS adalah Standar Web ataupun Bukan, menurut saya kita memang harus melakukan implementasi CSS untuk setiap perancangan website kita karena dengan CSS kita tidak akan melakukan hal-hal yang terus diulangi dalam menerapkan suatu gaya pada tag HTML yang kita buat, cukup satu kode untuk semua mark up yang sama.

Teknik Implementasi CSS pada Tag HTML yang Kita Buat
Ada dua cara yang bisa diterapkan untuk menggunakan CSS pada web:
1. Cara yang pertama adalah dengan membuat CSS langsung didalam satu file HTML kita (internal / inline style sheet).
2. Cara yang kedua adalah dengan cara memanggil CSS tersebut dari file CSS tersendiri (external style sheet). selanjutnya mari kita langsung praktek silahkan buka dreamweaver anda atau text editor.




Tidak ada komentar: